Kamis, 21 Juli 2011

DIET TERPOPULER

KOMPAS.com — Diet yang menjanjikan penurunan berat badan secara drastis menjadi iming-iming yang menggiurkan untuk mereka yang mendambakan tubuh langsing. Karena itu, begitu ada metode diet baru diperkenalkan, banyak orang berbondong-bondong mencoba menjajalnya. Terkadang, metode diet baru itu mampu bertahan dan memberikan hasil memuaskan. Namun, diet-diet itu lebih sering hanya heboh di awal ketika baru diperkenalkan dan kemudian hilang begitu saja karena tidak bisa diterapkan.

Berikut adalah 5 metode diet yang populer di tahun 2010. Barangkali Anda sudah pernah mencoba salah satunya.

Diet es batu Metode diet es batu (ice cube diet) ini sesuai dengan namanya. Ketika Anda merasa ingin ngemil, cukup kunyah-kunyah es batu. Tapi ini bukan sembarang es batu, melainkan es yang sudah dimasukkan hoodia dan didesain untuk menyingkirkan rasa lapar. Metode diet ini menjanjikan bahwa berat badan Anda akan turun dalam 40 hari. Namun, harga es batu untuk program diet ini relatif mahal, sekitar Rp 600.000 untuk 40 hari.

Diet satu macam makanan Hanya mengonsumsi satu jenis makanan untuk menurunkan berat badan sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Namun, pengikut metode diet seperti ini selalu banyak. Di Amerika, banyak orang yang mengaku turun 10 kilogram hanya dengan mengonsumsi piza saja atau ada orang yang turun berat badan hanya dengan memakan makanan beku.

Dingin penghilang lemak Untuk kali pertama, FDA menyetujui metode pengurangan lemak tubuh dengan teknologi non-invasif. Tanpa menggunakan jarum suntik atau operasi, metode ini menggunakan metode pendinginan untuk memecah sel lemak dalam kulit. Ada dua metode yang dipakai, yakni Zeltiq dan Zerona. Keduanya bekerja untuk bagian tubuh tertentu yang berlemak, misalnya paha atau perut.
Diet Dukan Menurut Pierre Dukan, wanita Perancis bertubuh langsing bukan karena sering makan keju dan window shopping. Mereka mengikuti metode diet Dukan, yakni diet tinggi protein. Seperti halnya diet rendah karbohidrat, diet ini juga memiliki beberapa tahapan variasi, mulai dari yang minimal sampai akhirnya hanya mengonsumsi protein satu hari dalam seminggu.

Diet cairan Diet ini sebenarnya sudah cukup lama ada. Namun tahun ini, hal itu menjadi populer karena para selebriti terlihat menenteng-nenteng botol BluPrint, merek makanan cair. Diet cairan ini dibagi dalam tiga level, yaitu pemula, menengah, dan pakar. Perbedaannya ada pada jumlah jus sayuran dan jus buah yang dikonsumsi setiap harinya. Setiap level bisa dilakukan 3-10 hari, menawarkan 900-1.100 kalori per hari. Seperti halnya metode diet lain yang membatasi asupan kalori, tentu berat badan Anda akan turun jika mengasup 1.000 kalori setiap hari. Kendati populer, banyak dokter tidak menyarankan metode diet cairan ini.

Sumber :

http://health.kompas.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar